Rabu, November 19, 2025
Headlinews.id
Advertisement Banner
  • Home
  • BERITA
  • DAERAH
    • KALTARA
      • Tarakan
      • Nunukan
      • Bulungan
      • Malinau
      • Tana Tidung
    • KALTIM
      • Samarinda
      • Balikpapan
      • Penajam Paser Utara
      • Sangatta
      • Kutai Kertanegara
      • Kutai Barat
      • Berau
      • Bontang
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • INFOGRAFIS
  • RUBRIK
    • HUKUM
    • KRIMINAL
    • POLITIK
    • Ekonomi
    • Pendidikan
    • Olahraga
    • Kesehatan
    • Otomotif
    • HIBURAN
    • Sosial Budaya
    • PILKADA
    • TEKNOLOGI
  • ADV
    • Pemprov Kaltara
    • Pemprov Kaltim
    • Parlemen
  • Opini
No Result
View All Result
  • Home
  • BERITA
  • DAERAH
    • KALTARA
      • Tarakan
      • Nunukan
      • Bulungan
      • Malinau
      • Tana Tidung
    • KALTIM
      • Samarinda
      • Balikpapan
      • Penajam Paser Utara
      • Sangatta
      • Kutai Kertanegara
      • Kutai Barat
      • Berau
      • Bontang
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • INFOGRAFIS
  • RUBRIK
    • HUKUM
    • KRIMINAL
    • POLITIK
    • Ekonomi
    • Pendidikan
    • Olahraga
    • Kesehatan
    • Otomotif
    • HIBURAN
    • Sosial Budaya
    • PILKADA
    • TEKNOLOGI
  • ADV
    • Pemprov Kaltara
    • Pemprov Kaltim
    • Parlemen
  • Opini
No Result
View All Result
HealthNews
No Result
View All Result
Home Tarakan

Tantangan Ombudsman di Kaltara, Informasi SP4N Lapor Belum Optimal

by redaksi
1 Januari 2025
in Tarakan
A A
Tantangan Ombudsman di Kaltara, Informasi SP4N Lapor Belum Optimal

Kepala Ombudsman Perwakilan Kaltara, Maria Ulfah saat menyampaikan press rilis akhir tahun, Selasa (31/12/2024).

TARAKAN, Headlinews.id – Ombudsman Republik Indonesia (ORI) menerapkan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor) untuk memberikan kemudahan masyarakat, menyampaikan permasalahan layanan pemerintah. Namun, ternyata program ini tidak dimanfaatkan maksimal di Kalimantan Utara (Kaltara)

Hal ini disampaikan Kepala Ombudsman Perwakilan Kaltara, Maria Ulfah dalam press rilis akhir tahun, Selasa (31/12/2024).

Baca Juga

Sekolah Rakyat Tahap II Tarakan Siap Didukung Persiapan Lahan

Lintas Instansi Duduk Bersama Bahas Penyelesaian Tanah Kodaeral XIII

Wali Kota Tarakan Pimpin Rapat Pengamanan Aset Pemerintah dan Medco E&P  

“Berdasarkan data dari ORI pusat, ternyata SP4N Lapor ini tidak optimal sehingga kami diminta untuk menyelenggarakan kegiatan yang bentuknya FGD (Forum Group Discussion). Bisa jadi dikarenakan masyarakat yang belum terlalu familiar dengan aplikasi atau sistem yang ada di SP4N Lapor, atau menurut masyarakat alurnya yang cukup panjang,” ujarnya.

Melalui FGD, kata dia diharapkan dapat menemukan permasalahan yang ada di setiap daerah tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten kota. Mengendalikan SP4N Lapor ini, lanjutnya agar daerah terutama bagian komunikasi dan informasi seperti Dinas Komunikasi Informasi, Statistikdan Persandian (DKISP) bisa menemukan dan memetakan masalah.

“Kami sudah bersurat kepada setiap pemerintah daerah. ada beberapa poin saran dari Ombudsman RI Kaltara. Diantaranya beberapa tantangan yang dipetakan telah ditetapkan oleh sistem dan PPL, aantara lain untuk Pemprov Kaltara masih perlu peningkatan sosialisasi kepada masyarakat,” ungkapnya.

Kemudian partisipasi masyarakat dalam hal penyampaian pengaduan atau saran dan permasalahan dan tantangan juga menurutnya perlu ditingkatkan. Ditambah lagi terkait dengan optimalisasi jaringan internet di tingkat provinsi.

Ombudsman juga menyampaikan tantangan di Kabupaten Bulungan, seperti penggunaan media sosial (medos) yang menjadi tempat aduan masyarakat. Ia berharap, nantinya medsos ini bisa lebih optimal digunakan berkaitan dengan sistem SP4N Lapor.

“Kedepannya kita akan coba publikasikan selalu ke medsos agar masyarakat lebih familiar jadinya. Tantangan lainnya masyarakat belum memahami efektivitas penyampaian pengaduan melalui aplikasi SPAN Lapor. Sehingga perlu melalui sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat,” tuturnya.

Sedangkan di Bulungan, tantangan yang dihadapi seperti tidak adanya notifikasi aplikasi. Kemudian di Tarakan, berkaitan dengan sarana dan prasarana di setiap unit pelayanan publik yang kurang memadai ditambah lagi pemahaman admin dalam menggunakan aplikasi span lapor ini masih kurang

Persoalan kurangnya informasi terkait SP4N ini juga terjadi di Tana Tidung, salah satunya akibat kurangnya kurangnya pelaksanaan sosialisasi bagi petugas pengelola pengaduan maupun masyarakat.

“Kalau di Kabupaten Malinau tantangan, pertama kurangnya sosialisasi kepada masyarakat kemudian pergantian admin yang sering di perangkat daerah yang tadinya juga di organisasi yang dikelola. Tapi pindahlagi di DKISP, kalau secara instansi. Belum lagi kalau kita dengan pengelola pengaduan, bisa jadi juga berganti-ganti bukan hanya secara instan tetapi di internal juga tergantung,” pungkasnya.

 

Advertisement Banner

Baca Juga

Sekolah Rakyat Tahap II Tarakan Siap Didukung Persiapan Lahan
Tarakan

Sekolah Rakyat Tahap II Tarakan Siap Didukung Persiapan Lahan

18 November 2025
Lintas Instansi Duduk Bersama Bahas Penyelesaian Tanah Kodaeral XIII
Tarakan

Lintas Instansi Duduk Bersama Bahas Penyelesaian Tanah Kodaeral XIII

18 November 2025
Wali Kota Tarakan Pimpin Rapat Pengamanan Aset Pemerintah dan Medco E&P   
Tarakan

Wali Kota Tarakan Pimpin Rapat Pengamanan Aset Pemerintah dan Medco E&P  

18 November 2025
Tarakan Tengah Raih Juara Umum MTQH XXIII Kota Tarakan 2025   
Tarakan

Tarakan Tengah Raih Juara Umum MTQH XXIII Kota Tarakan 2025  

18 November 2025
Bantu Pemulihan Pasca Longsor, Wali Kota Tarakan Distribusikan Bantuan Material   
Tarakan

Bantu Pemulihan Pasca Longsor, Wali Kota Tarakan Distribusikan Bantuan Material  

18 November 2025
Wali Kota Tarakan Apresiasi Mahasiswa di Borneo Edu Fest #3, Dorong Jiwa Entrepreneur   
Tarakan

Wali Kota Tarakan Apresiasi Mahasiswa di Borneo Edu Fest #3, Dorong Jiwa Entrepreneur  

17 November 2025
Next Post
Tepung Tawar, Tanda Kehormatan Penyambutan Pangdam VI Mulawarman Baru 

Tepung Tawar, Tanda Kehormatan Penyambutan Pangdam VI Mulawarman Baru 

Kesiapsiagaan Polda Kaltara Amankan Perayaan Malam Tahun Baru 2025

Kesiapsiagaan Polda Kaltara Amankan Perayaan Malam Tahun Baru 2025

Operasi Lilin Kayan 2024-2025, Langkah Sinergis Pengamanan Pasca Tahun Baru di Pos Yan dan Pelabuhan Speed Tanjung Selor   

Operasi Lilin Kayan 2024-2025, Langkah Sinergis Pengamanan Pasca Tahun Baru di Pos Yan dan Pelabuhan Speed Tanjung Selor  

Berita Populer

  • Pemprov Kaltim Mulai Salurkan UKT GratisPol, Mahasiswa Penerima Dapat Pengembalian Dana   

    Pemprov Kaltim Mulai Salurkan UKT GratisPol, Mahasiswa Penerima Dapat Pengembalian Dana  

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • DPRD Kaltara Soroti Minimnya Fasilitas Sekolah di Wilayah Perbatasan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Komisi IV DPRD Kaltara Siap Koordinasi ke Kemendikbud Atasi Ketidakmerataan TKG Guru Malinau

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • DPRD Kaltara Tindaklanjuti Masalah TKG Guru di Daerah 3T

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Dua Oknum Anggota DPRD Bulungan Diduga Terlibat Kasus Pengeroyokan di Tanjung Selor  

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
Headlinews.id

Kami merupakan portal berita online yang berdiri pada tahun 2024, berkomitmen untuk menghadirkan berita dan informasi terkini yang akurat, kredibel, dan berimbang.

Tentang Kami

  • Kontak
  • Redaksi
  • Tentang kami
  • Pedoman Media Siber

Menu

  • Balikpapan
  • Berau
  • BERITA
  • Bontang
  • Bulungan
  • Ekonomi
  • HIBURAN
  • HUKUM
  • INTERNASIONAL
  • KALTARA
  • KALTIM
  • Kesehatan
  • KRIMINAL
  • Kutai Barat
  • Kutai Kertanegara
  • Malinau
  • NASIONAL
  • Nunukan
  • Olahraga
  • Opini
  • Otomotif
  • Parlemen
  • Pemprov Kaltara
  • Pemprov Kaltim
  • Penajam Paser Utara
  • Pendidikan
  • PILKADA
  • POLITIK
  • Samarinda
  • Sosial Budaya
  • Tana Tidung
  • Tarakan
  • TEKNOLOGI

© 2023 PT. Borneo Media Grup.

No Result
View All Result
  • Home
  • BERITA
  • DAERAH
    • KALTARA
      • Tarakan
      • Nunukan
      • Bulungan
      • Malinau
      • Tana Tidung
    • KALTIM
      • Samarinda
      • Balikpapan
      • Penajam Paser Utara
      • Sangatta
      • Kutai Kertanegara
      • Kutai Barat
      • Berau
      • Bontang
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • INFOGRAFIS
  • RUBRIK
    • HUKUM
    • KRIMINAL
    • POLITIK
    • Ekonomi
    • Pendidikan
    • Olahraga
    • Kesehatan
    • Otomotif
    • HIBURAN
    • Sosial Budaya
    • PILKADA
    • TEKNOLOGI
  • ADV
    • Pemprov Kaltara
    • Pemprov Kaltim
    • Parlemen
  • Opini

© 2023 PT. Borneo Media Grup.