TARAKAN,– Hampir semua aktivitas saat ini tak lepas dari layar digital, mulai dari bekerja, belajar, hingga bersosialisasi.
Sayangnya, terlalu lama menatap layar komputer, ponsel, atau televisi dapat memicu gangguan penglihatan yang dikenal sebagai digital eye strain atau sindrom penglihatan komputer.
Gejalanya meliputi mata lelah, penglihatan kabur, mata kering, bahkan sakit kepala.
Untuk mengurangi risiko ini, aturan 20-20-20 bisa diterapkan. Prinsipnya sederhana, setiap 20 menit menatap layar, alihkan pandangan ke objek sejauh 20 kaki atau sekitar 6 meter selama 20 detik.
Waktu 20 detik cukup untuk memberi kesempatan otot mata berelaksasi setelah terus-menerus fokus pada jarak dekat. Pandangan ke jarak jauh membantu mengurangi ketegangan dan menjaga kelembapan mata.
Aturan ini sangat relevan bagi pekerja kantoran, pelajar, dan siapa pun yang menghabiskan banyak waktu di depan layar.
Apalagi, studi menunjukkan bahwa rata-rata orang dewasa bisa menatap layar lebih dari 7 jam per hari, belum termasuk waktu penggunaan ponsel untuk hiburan atau komunikasi.
Tips tambahan untuk menjaga kesehatan mata:
1. Berkedip lebih sering – Saat fokus pada layar, kita cenderung berkedip lebih jarang, sehingga mata cepat kering. Usahakan berkedip secara sadar setiap beberapa detik.
2. Atur pencahayaan ruangan – Hindari cahaya terlalu terang atau silau. Gunakan pencahayaan yang nyaman dan minim pantulan di layar.
3. Posisikan layar dengan benar – Letakkan layar sejajar atau sedikit di bawah garis pandang, dengan jarak sekitar 50–70 cm dari mata.
4. Gunakan filter atau mode malam – Cahaya biru dari layar bisa membuat mata cepat lelah. Mode malam atau filter biru dapat membantu.
5. Istirahat total dari layar – Setiap 1–2 jam, jauhkan diri dari perangkat selama 5–10 menit untuk memberi jeda penuh pada mata.
Dengan kebiasaan sederhana seperti aturan 20-20-20, risiko gangguan mata akibat penggunaan layar jangka panjang dapat diminimalkan.
Sehatkan mata Anda mulai dari sekarang, karena sekali rusak, penglihatan tak akan kembali seperti semula.