BALIKPAPAN, Headlinews.id— Inovasi baru dengan peningkatan pelayanan yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan, mendapatkan apresiasi dari Wakil Wali Kota Balikpapan Bagus Susetyo. Terlebih lagi, inovasi tersebut memudahkan layanan dukcapil yang diperlukan masyarakat.
“Kita patut berikan apresiasi tinggi terhadap kinerja Disdukcapil Balikpapan yang semakin optimal memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Wawali Bagus Susetyo.
Menurutnya, inovasi yang dilakukan Disdukcapil salah satunya dengan memperluas layanan pencetakan dokumen kependudukan hingga ke seluruh kecamatan. Inovasi tersebut telah memberikan kemudahan nyata bagi warga.
“Masyarakat tidak lagi harus datang ke kantor pusat Dukcapil, karena layanan sudah tersebar merata di tiap kecamatan. Makanya kita patut apresiasi kinerja Dukcapil yang sudah menunjukkan prestasi baik,” tuturnya.
Ia pun menilai pencetakan dokumen tidak lagi terpusat di kantor Dukcapil, melainkan sudah bisa dilakukan di seluruh kecamatan tentu memudahkan masyarakat. Lebih lanjut, beliau menekankan bahwa permasalahan terkait pelayanan administrasi kependudukan saat ini hampir tidak ditemukan.
Upaya pencegahan terhadap praktik percaloan atau pembukaan layanan tidak resmi juga dinilainya sudah berhasil ditekan secara signifikan. Melalui inovasi ini juga, kata dia bisa membantu masyarakat untuk tertib administrasi terutama dalam hal kependudukan.
“Permasalahan pelayanan pun nyaris tidak ada. Bahkan, praktik pembukaan liar dan percaloan sudah sangat diminimalisir,” tambahnya.
Wakil Wali Kota juga meminta agar capaian dan perkembangan positif ini terus disampaikan kepada Komite Aparatur Pemerintah Daerah (KAPD), sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas kinerja pelayanan publik.
“Harapannya, informasi baik ini terus disampaikan kepada KAPD agar semua pihak mengetahui bahwa pelayanan Dukcapil Balikpapan semakin baik dan profesional. Selain itu, ini juga sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas kinerja pelayanan publik,” tandasnya. (*)