Home » Balikpapan » Capaian Sempurna, Hasil SKP Tahun 2024 PTMB Raih Angka Memuaskan 

Capaian Sempurna, Hasil SKP Tahun 2024 PTMB Raih Angka Memuaskan 

redaksi 18 Apr 2025 38

BALIKPAPAN, Headlinews.id– Peningkatan pelayanan yang dilakukan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB) kembali berhasil mendapatkan angka memuaskan. Pencapaian positif ini tercatat setelah upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat sudah melebihi target.

Pencapaian PTM ini ditandai dengan hasil Survey Kepuasan Pelanggan (SKP) Tahun 2024 yang menunjukkan tingkat kepuasan pelanggan melebihi target Key Performance Indicator (KPI) yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Penutupan SKP yang dirangkai pemaparan hasil survey dari serta tim pelaksana survey dari PT. Ratama Mitra Kualitas selaku konsultan independen, diselenggarakan pada Selasa (15/4/2025). Dalam acara tersebut hadir juga Direksi PTMB serta para Manajer unit kerja PTMB.

Direktur Utama PTMB, Dr. Yudhi Saharuddin, MM., mengungkapkan hasil survei ini tidak hanya menjadi pencapaian, tetapi juga bahan refleksi dan evaluasi internal bagi seluruh jajaran.

“Kami menjadikan hasil SKP 2024 ini sebagai acuan untuk terus berbenah. Evaluasi yang disampaikan oleh pihak konsultan akan kami tindak lanjuti sebagai bentuk komitmen terhadap peningkatan kualitas layanan, baik dari segi teknis maupun pelayanan pelanggan,” ungkapnya.

Ia berharap di tahun-tahun mendatang, tingkat kepuasan pelanggan tidak hanya terjaga, tetapi juga terus meningkat seiring dengan transformasi layanan yang dilakukan perusahaan.

Yudhi juga menekankan kepuasan pelanggan merupakan salah satu indikator utama dalam misi PTMB untuk memberikan akses air bersih yang merata, berkualitas, dan berkelanjutan bagi warga Balikpapan.

“Langkah-langkah strategis untuk peningkatan kualitas air, penurunan angka kebocoran, serta pemutakhiran sistem layanan pelanggan akan terus dioptimalkan,” tandasnya.

Sementara itu, Manajer Layanan Pelanggan PTMB, Juliansyah yang turut hadir dan memberikan sambutan juga menyampaikan apresiasinya.

“Kami memberikan apresiasi yang luar biasa atas profesionalitas PT. Ratama Mitra Kualitas dalam melaksanakan proses survei secara objektif dan menyeluruh,” kata dia.

Dalam pemaparan hasil survei, Direktur PT. Ratama Mitra Kualitas, Dr. Ir. Hermansyah, MM., MMC., CSBA., CHRA., MPM., CQC., CFP., CLA, menyebutkan keberhasilan PTMB meraih angka kepuasan pelanggan memang sangat menggembirakan.

“Target awal yang ditetapkan oleh Sub Divisi Customer Service, 50 persen responden merasa cukup puas, kemudian 42 persen puas, dan 8 persen sangat puas. Namun, hasil aktual menunjukkan capaian yang jauh lebih baik,” jelasnya.

Ia pun merincikan, hasil aktual pelayanan PTMB Sangat Tidak Puas 0,51 persen, Tidak Puas 2,20 persen, Cukup Puas 6,77 persen, Puas 54,21 persen dan Sangat Puas 36,31 persen.

“Secara umum, angka-angka ini menunjukkan bahwa upaya peningkatan layanan yang dilakukan PTMB selama ini telah memberikan hasil positif. Namun demikian, masih terdapat sejumlah aspek layanan yang menjadi sorotan pelanggan dan membutuhkan perhatian serta perbaikan berkelanjutan,” ujar Hermansyah dalam pemaparannya.

Acara penutupan SKP ini ditutup dengan doa bersama yang dipimpin Supervisor Customer Service PTMB. Hal ini sebagai bentuk syukur atas terselenggaranya survei dan komitmen bersama untuk terus memperbaiki layanan yang terbaik untuk masyarakat Balikpapan. (*)

 

Comments are not available at the moment.

Sorry, the comment form has been disabled on this page/article.
Related post
Wali Kota Apresiasi Ibadah Haji Lancar, Ajak Doakan Jamaah Pulang dengan Selamat

redaksi

15 Jun 2025

BALIKPAPAN,Headlinews.id – Pelaksanaan ibadah haji tahun 2025 mendapat apresiasi dari Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud. Ia menyebut, dibanding tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan haji kali ini berlangsung lebih tertib dan lenggang, sehingga memberikan kenyamanan bagi para jemaah asal Balikpapan. Pernyataan tersebut disampaikannya dalam acara silaturahmi bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Balikpapan, yang digelar pada …

Berantas Peredaran Narkotika, Ditresnarkoba Polda Kaltim Amankan 3 Tersangka di Balikpapan Tengah

redaksi

14 Jun 2025

BALIKPAPAN,Headlinews.id – Kepolisian Daerah Kalimantan Timur melalui Direktorat Reserse Narkoba kembali berhasil mengungkap kasus penyalahgunaan dan peredaran narkoba jenis sabu dengan mengamankan tiga orang tersangka yakni AR (35), S (48), dan RP (30). Secara terpisah, Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Yuliyanto, S.I.K., M.Sc., menerangkan bahwa team Opsnal Subdit I Ditresnarkoba melakukan penangkapan tiga tersangka …

SPMB 2025 Balikpapan, Inovasi dan Keadilan dalam Proses Seleksi

redaksi

13 Jun 2025

BALIKPAPAN, Headlinews.id– Jelang pelaksanaan Seleksi Penerimaan Murid Baru (SPMB) tahun ajaran 2025, Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan memastikan sudah menyelesaikan sejumlah persiapan. Aspek teknis telah siap untuk mendukung proses SPMB yang lancar dan efisien. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Balikpapan, Irvan Taufiq Noor menuturkan, persiapan sudah mencapai 100 persen. Ia pastikan, petunjuk teknis (juknis), petunjuk …

Jelang Hari Bhayangkara ke-79, Satbrimob Polda Kaltim Beri Layanan Kesehatan Gratis untuk Ojol Balikpapan

redaksi

13 Jun 2025

BALIKPAPAN,Headlinews.id – Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-79 tahun 2025, Satuan Brimob (Satbrimob) Polda Kalimantan Timur menunjukkan kepeduliannya kepada masyarakat dengan menggelar bakti sosial kesehatan. Klinik Faskes Tingkat 1 Satbrimob Polda Kaltim membuka pintunya untuk memberikan pemeriksaan dan pengobatan gratis yang ditujukan khusus bagi komunitas ojek online (ojol) di Kota Balikpapan pada hari Jumat (13/6/2025). …

Gelar Lomba Poster Se-Kalimantan Timur, Cara Kilang Pertamina Unit Balikpapan Peringati Hari Anti Narkoba Internasional

redaksi

13 Jun 2025

BALIKPAPAN, Headlinews.id – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan berkolaborasi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Balikpapan menggelar lomba poster infografis bertema “Bersih Narkoba Raih Indonesia Emas (Bersinar Emas)”. Lomba poster ini bertujuan meningkatkan kesadaran remaja tentang bahaya narkotika dan menyalurkan kreativitas, dengan total hadiah 15 juta rupiah. Kegiatan ini diperuntukkan bagi pelajar tingkat …

BPS Kaltim Apresiasi Dukungan Pemkot Balikpapan dalam Program Desa Cantik  

redaksi

12 Jun 2025

BALIKPAPAN, Headlinews.id– Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan telah menunjukkan komitmennya dalam mendukung program Desa Cantik atau Cinta Statistik Indonesia yang diluncurkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Timur belum lama ini. Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pengumpulan data statistik yang akurat dan berkualitas. Sehingga memberikan manfaat yang signifikan bagi pembangunan …

Hot Categories