Sabtu, Agustus 9, 2025
Headlinews.id
Advertisement Banner
  • Home
  • BERITA
  • DAERAH
    • KALTARA
      • Tarakan
      • Nunukan
      • Bulungan
      • Malinau
      • Tana Tidung
    • KALTIM
      • Samarinda
      • Balikpapan
      • Penajam Paser Utara
      • Sangatta
      • Kutai Kertanegara
      • Kutai Barat
      • Berau
      • Bontang
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • INFOGRAFIS
  • RUBRIK
    • HUKUM
    • KRIMINAL
    • POLITIK
    • Ekonomi
    • Pendidikan
    • Olahraga
    • Kesehatan
    • Otomotif
    • HIBURAN
    • Sosial Budaya
    • PILKADA
    • TEKNOLOGI
  • ADV
    • Pemprov Kaltara
    • Pemprov Kaltim
  • Opini
No Result
View All Result
  • Home
  • BERITA
  • DAERAH
    • KALTARA
      • Tarakan
      • Nunukan
      • Bulungan
      • Malinau
      • Tana Tidung
    • KALTIM
      • Samarinda
      • Balikpapan
      • Penajam Paser Utara
      • Sangatta
      • Kutai Kertanegara
      • Kutai Barat
      • Berau
      • Bontang
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • INFOGRAFIS
  • RUBRIK
    • HUKUM
    • KRIMINAL
    • POLITIK
    • Ekonomi
    • Pendidikan
    • Olahraga
    • Kesehatan
    • Otomotif
    • HIBURAN
    • Sosial Budaya
    • PILKADA
    • TEKNOLOGI
  • ADV
    • Pemprov Kaltara
    • Pemprov Kaltim
  • Opini
No Result
View All Result
HealthNews
No Result
View All Result
Home Balikpapan

Kota Balikpapan Bangun Pusat Kendali Layanan Publik, Rp40 Miliar Disiapkan  

Kota Balikpapan Bangun Pusat Kendali Layanan Publik, Rp40 Miliar Disiapkan

by redaksi
29 Juli 2025
in Balikpapan
A A
Kota Balikpapan Bangun Pusat Kendali Layanan Publik, Rp40 Miliar Disiapkan   

BALIKPAPAN, Headlinews.id – Kota Balikpapan akan memiliki pusat kendali terpadu pertama di Kalimantan Timur. Fasilitas ini akan menempati lantai 5 hingga 7 Gedung Parkir Klandasan dan dijadwalkan mulai beroperasi pada pertengahan tahun 2026.

Rencana tersebut disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Balikpapan, Erriansyah Haryono, saat menghadiri rapat pembahasan Raperda RPJMD 2025–2029 di DPRD Kota Balikpapan, Selasa (29/7/2025).

Baca Juga

Pemkot Balikpapan Salurkan Bantuan Pangan, Tekan Risiko Stunting dan Dukung Warga Rentan

Digitalisasi Perizinan Antar DPMPTSP Balikpapan Raih Prestasi

Balikpapan Genjot Kualitas Pemandu Wisata

“Pertengahan 2026 kami akan menempati gedung baru. Salah satu yang akan dibangun adalah command center di lantai 5, sebagai pusat koordinasi berbagai layanan darurat dan sistem informasi kota,” kata Erri kepada wartawan.

Command center ini akan menjadi titik temu berbagai unit pelayanan, mulai dari kepolisian, Satpol PP, Dinas Perhubungan, hingga layanan perlindungan perempuan dan anak. Nantinya, sistem akan berjalan dengan satu nomor panggilan yang langsung terhubung ke semua instansi terkait.

Erri menjelaskan bahwa sistem ini meniru model layanan darurat 911 di Amerika Serikat. Warga hanya perlu menghubungi satu pintu, dan laporan mereka akan diteruskan secara otomatis ke lembaga yang berwenang.

Selain itu, ruang command center akan dilengkapi layar pemantau berukuran besar, sistem big data, serta perangkat lunak yang mengintegrasikan informasi dari berbagai aplikasi milik organisasi perangkat daerah (OPD).

Sementara itu, gedung kantor Diskominfo yang lama akan dikembalikan ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Bangunan tersebut merupakan aset milik provinsi yang selama ini digunakan Diskominfo secara pinjam pakai.

“Kami tidak akan menambah aplikasi baru, justru memaksimalkan data yang sudah tersedia. Semua analisis dilakukan secara terpusat agar pengambilan keputusan bisa lebih cepat dan tepat,” jelasnya.

Menurut estimasi, pembangunan dan pengadaan perangkat command center ini akan menelan biaya antara Rp30 hingga Rp40 miliar. Sebagian besar anggaran dialokasikan untuk perangkat teknologi dan sarana infrastruktur digital.

Diskominfo juga menjadikan Kota Surabaya sebagai referensi utama. Pemerintah setempat telah melakukan studi banding untuk mempelajari pengelolaan sistem layanan publik berbasis digital yang sukses diterapkan di sana.

“Tujuannya bukan sekadar mengejar teknologi, tapi agar pemerintah bisa hadir lebih cepat saat warga butuh bantuan. Ini langkah penting untuk peningkatan kualitas pelayanan publik,” tandasnya. (*)

 

Tags: 911 IndonesiaBalikpapanCommand CenterDiskominfoErriansyah HaryonoGedung Parkir KlandasanLayanan PublikRPJMDsmart cityTeknologi Pemerintahan
Advertisement Banner

Baca Juga

Pemkot Balikpapan Salurkan Bantuan Pangan, Tekan Risiko Stunting dan Dukung Warga Rentan
Balikpapan

Pemkot Balikpapan Salurkan Bantuan Pangan, Tekan Risiko Stunting dan Dukung Warga Rentan

8 Agustus 2025
Digitalisasi Perizinan Antar DPMPTSP Balikpapan Raih Prestasi
Balikpapan

Digitalisasi Perizinan Antar DPMPTSP Balikpapan Raih Prestasi

8 Agustus 2025
Balikpapan Genjot Kualitas Pemandu Wisata
Balikpapan

Balikpapan Genjot Kualitas Pemandu Wisata

8 Agustus 2025
Outing Class Anak TK, Cara Ceria PT KPI Unit Balikpapan Dorong Masyarakat Jadi Sumber Inspirasi Melalui Program KALIANDRA
Balikpapan

Outing Class Anak TK, Cara Ceria PT KPI Unit Balikpapan Dorong Masyarakat Jadi Sumber Inspirasi Melalui Program KALIANDRA

8 Agustus 2025
Bagikan Sembako, Batalyon A Brimob Kaltim Laksanakan Bantuan Kemanusiaan Untuk Negeri
Balikpapan

Bagikan Sembako, Batalyon A Brimob Kaltim Laksanakan Bantuan Kemanusiaan Untuk Negeri

8 Agustus 2025
Pengawasan Terpadu Jadi Pilar Tata Kelola Pemerintahan Balikpapan   
Balikpapan

Pengawasan Terpadu Jadi Pilar Tata Kelola Pemerintahan Balikpapan  

8 Agustus 2025
Next Post
Samarinda Genjot Skema Parkir Berlangganan, Pemkot Siapkan Sistem Terintegrasi Digital

Samarinda Genjot Skema Parkir Berlangganan, Pemkot Siapkan Sistem Terintegrasi Digital

Brimob Polda Kaltim Gelar Apel Kesiapsiagaan Hadapi Karhutla di Tengah Perubahan Cuaca Ekstrem  

Brimob Polda Kaltim Gelar Apel Kesiapsiagaan Hadapi Karhutla di Tengah Perubahan Cuaca Ekstrem  

Pembangunan SDN 015 Tanjung Selor Terkendala Legalitas Tanah    

Pembangunan SDN 015 Tanjung Selor Terkendala Legalitas Tanah   

Berita Populer

  • Polda Kaltara dan Komunitas Maxim Bagikan Bendera, Bangkitkan Semangat Nasionalisme

    Polda Kaltara dan Komunitas Maxim Bagikan Bendera, Bangkitkan Semangat Nasionalisme

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Sudah Inkrah, DLH Ajak Semua Pihak Hormati Putusan Pengadilan  

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Watotena Vibes: Pasir Putih, Gunung, dan Lagu Anak Kampung

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pemprov Jalin Sinergi Bersama Kemenimipas RI, Percepat Pembangunan Lapas Di Kaltara 

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • BELIEVE – TAKDIR, MIMPI, KEBERANIAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
Headlinews.id

Kami merupakan portal berita online yang berdiri pada tahun 2024, berkomitmen untuk menghadirkan berita dan informasi terkini yang akurat, kredibel, dan berimbang.

Tentang Kami

  • Kontak
  • Redaksi
  • Tentang kami
  • Pedoman Media Siber

Menu

  • Balikpapan
  • Berau
  • BERITA
  • Bontang
  • Bulungan
  • Ekonomi
  • HIBURAN
  • HUKUM
  • INTERNASIONAL
  • KALTARA
  • KALTIM
  • Kesehatan
  • KRIMINAL
  • Kutai Barat
  • Kutai Kertanegara
  • Malinau
  • NASIONAL
  • Nunukan
  • Olahraga
  • Opini
  • Otomotif
  • Pemprov Kaltara
  • Pemprov Kaltim
  • Penajam Paser Utara
  • Pendidikan
  • PILKADA
  • POLITIK
  • Samarinda
  • Sosial Budaya
  • Tana Tidung
  • Tarakan
  • TEKNOLOGI

© 2023 PT. Borneo Media Grup.

No Result
View All Result
  • Home
  • BERITA
  • DAERAH
    • KALTARA
      • Tarakan
      • Nunukan
      • Bulungan
      • Malinau
      • Tana Tidung
    • KALTIM
      • Samarinda
      • Balikpapan
      • Penajam Paser Utara
      • Sangatta
      • Kutai Kertanegara
      • Kutai Barat
      • Berau
      • Bontang
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • INFOGRAFIS
  • RUBRIK
    • HUKUM
    • KRIMINAL
    • POLITIK
    • Ekonomi
    • Pendidikan
    • Olahraga
    • Kesehatan
    • Otomotif
    • HIBURAN
    • Sosial Budaya
    • PILKADA
    • TEKNOLOGI
  • ADV
    • Pemprov Kaltara
    • Pemprov Kaltim
  • Opini

© 2023 PT. Borneo Media Grup.